Pengaruh Sampah Dan Upaya Pengangannya

Thursday, November 24th 2016.

tempat-sampah-dust-bin-120-liter-alat-cleaning-service

Sampah adalah kotoran yang dihasilkan manusia dari aktifitas sehari-harinya. Benda-benda yang dibuang ditempat sampah tentunya adalah benda-benda yang tak lagi berharga. Hal ini yang menyebabkan tempat sampah selalu terpajang dimana-mana baik didalam kamar, diruang tamu, dikamar mandi, didapur dikelas, bahkan ada juga tempat sampah dijalan raya , ditempat umum dan masih banyak lagi.

Kesalahan dalam membuang sampah

Sejumlah jenis sampah harus dibuang ketempat sampah sesegera mungkin bahkan ada pula yang harus dibuang jauh-jauh supaya tak menimbulkan bau tak sedap.

Selain menghindari bau tak sedap, membuangnya jauh-jauh juga menghindari bibit penyakit serta dampak buruk lainnya.

Dalam hal membuang sampah baik ditempat sampah atau ditempat lain, masih banyak orang yang belum mengetahuinya dengan benar. Ada juga yang mengetahuinya namun acuh dan masa bodoh, akibatnya dambak burukpun menimpa lingkungan sekitarnya.

Dampak buruk tersebut terjadi akibat banyak orang yang kerap melakukan kesalahan ketika membuang sampah. Nah, inilah contoh beberapa kesalahan dalam membuang sampah yang perlu dihindari :

  1. Buang sampah sembarangan dan bukan ditempatnya
  2. Membuang sampah di sungai
  3. Menggali tanah kemudian mengubur sampah didalamnya
  4. Mengumpulkan sampah ditempat sampah hingga banyak lalu membakarnya
  5. Meninggalkan sampah dipinggir jalan dengan tujuan agar diambil oleh tukang sampah
  6. Dan lain-lain

Banyaknya kesalahan dalam membuang sampah tersebut terjadi karena kesadaran masyarakat kurang. Khususnya dalam hal kebersihan. Dengan semakin banyaknya sampah maka semakin buruk pula keadaan lingkungan. Nah, untuk itulah sebenarnya kita harus sangat berterimakasih terhadap para petugas kebersihan, pendaur ulang sampah, pengolah limbah dan sejenisnya. Karena peran serta mereka yang gigih, lingkungan yang kita tinggali masih terselamatkan.

Bayangkan saja, jika banyak masyarakat yang masih melakukan kesalahan, dan para pejuang sampah tersebut tidak ada. Bisa dibayangkan apa jadinya lingkungan kita bukan?

Menjaga lingkungan dengan kebiasaan membuang sampah pada tempat yang tepat

Hindari membuang sampah sembarangan dan buanglah sampah ditempat sampah sebagai upaya untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat. Dengan begitu, masalahpun dapat  terhindari dan kondisi dilingkungan masyarakat menjadi lebih nyaman. Inilah beberapa cara membuang sampah yang baik dan benar:

  1. Pisahkan sampah yang dapat didaur ulang dan tak dapat didaur ulang
  2. Pisahkan sampah non organik atau sampah kerig daru sampah organik atau sampah basah
  3. Membuang sampah pada tempatnya yaitu ditempat sampah
  4. Berikan sampah yang masih bernilai pada tukang barang bekas
  5. Jadikan pupuk jenis sampah organik atau basah, hal ini bisa diolah sendiri atau anda serahkan pada ahlinya
  6. Bungkus dengan kantong plastik terlebih dahulu

Disamping memperhatikan cara untuk membuang sampah yang benar, tempat sampah juga perlu dirawat dan dijaga dengan baik supaya tidak memunculkan masalah. Hal ini dapat berupa penjagaan oleh pihak-pihak terkait yang berwenang:

  1. TPA atau tempat pembuangan sampah akhir yang resmi dikelola oleh pemerintah maupun pihak swasta
  2. Tempat pendaur ulangan sampah tertentu yang sudah dipilah-pilah
  3. Tempat loak seperti tukang beling yang sampahnya masih bisa dijual lagi
  4. Tempat sampah pribadi yang dirawat oleh anggota keluarga
  5. Tempat sampah umum yang dengan baik dikelola baik oleh pemerintah maupun swasta
  6. Tempat pembuangan sampah berjenis sementara dan resmi dikelola pemerintah maupun swasta

Beragam cara menangani penumpukan sampah

Tak sedikit cara modern yang dapat dilakukan untuk mencegah tumpukan sampah yang menggunung karena setiap harinya terus-menerus bertambah.  Penanganan sampah tak hanya ditumpuk lalu dibiarkan begitu saja hingga membusuk. Namun, untuk menanganinya perlu keikutsertaan masyarakat guna membantu pemerintah dalam menanggulangi hal-hal yang berkaitan dengan sampah.

Dalam rangka penanganan sampah, upaya yang bisa dilakukan juga sangat beragam. Contohnya dengan menertibkan lalu lintas dan mengetatkannya, bagi siapa yang melanggar harus mendapat hukuman atau denda. Hal itu merupakan sebuah cara untuk menghindari masalah sampah  yang muncul dan semakin merajalela. Sudah saatnya pihak-pihak tak bertanggungjawab diberi pelajaran yang membuatnya jera agar tak lagi melakukan hal yang sama.

Disinilah peran dari segala pihak sangat diperlukan, tak hanya masyarakat sendiri dan pemerintah saja. Namun seluruh lapisan aparatur juga harus membantu penertiban yang terkait dengan masalah pembuangan sampah. Bila sampah ditangani dengan baik, maka lingkungan kondusif dan nyamanpun akan dirasakan sehingga kehidupan menjadi semakin tenteram.

Nah, jadi merasa terinspirasi? Mulailah menjadi pejuang sampah dengan membuat tempat sampah untuk rumah anda. Dan biasakan membuang sampah dengan baik dan benar.

alat cleaning service murah